Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Asam Basa

Main Article Content

Alfath Fitrilia Taraufu Dokri Gumolung Joice Caroles

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan strategi pembelajaran REACT terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep asam basa menggunakan konteks kimia. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tondano pada tahun ajaran 2019/2020 di kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Materi konsep asam basa yang diajarkan di kelas XI IPA 1 dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Hasil pengolahan data hubungan antara nilai angket dan posttest menunjukan respon positif dalam pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran REACT. Data hasil penelitian berupa angket dan posttest dianalisis melalui uji hipotesis yaitu uji regresi sederhana dan uji korelasi product moment. Uji regresi sederhana menunjukan bahwa semakin tinggi sikap siswa terhadap strategi pembelajaran REACT (X) maka semakin tinggi hasil belajar siswa (Y), hal ini menunjukan adanya pengaruh variabel X (sikap) dan variabel Y (hasil belajar). Hasil uji korelasi product moment diperoleh nilai rxy  yaitu 0,6466 yang menunjukan tingkat hubungan yang kuat. Hasil koefisien penentu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran REACT terhadap hasil belajar diperoleh sebesar 41,82%. Dari hasil yang diperoleh dapat dilihat bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran REACT terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep asam basa menggunakan konteks kimia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
TARAUFU, Alfath Fitrilia; GUMOLUNG, Dokri; CAROLES, Joice. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Asam Basa. Oxygenius: Journal Of Chemistry Education, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 52-57, dec. 2020. ISSN 2686-4649. Available at: <https://indochembull.com/index.php/oxygenius/article/view/177>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.37033/ojce.v2i2.177.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2