Studi kelayakan LKS praktikum berbasis pendekatan saintifik serta dampaknya pada hasil belajar materi sifat larutan penyangga

Main Article Content

Deysi Natalia Demo Freetje Waworuntu Abdon Saiya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk LKS praktikum berbasis pendekatan saintifik dan mengetahui dampaknya pada hasil belajar khususnya  materi sifat larutan penyangga dengan melihat seberapa banyak siswa yang mencapai  atau melampaui KKM. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di kelas XI IPA 5 SMAN 1 Tondano. Berdasarkan hasil rekapitulasi, LKS praktikum berbasis pendekatan saintifik dinyatakan valid dengan nilai sebesar 83,8%. Dilihat dari respon siswa pada uji coba kelompok kecil dan kelompok besar LKS dinyatakan praktis dengan nilai berturut-turut sebesar 88,17% dan 92,98%. Dampak penggunaan LKS terhadap hasil belajar siswa adalah sebagian besar siswa pada uji coba kelompok kecil dan siswa pada uji coba kelompok besar telah melampaui KKM yang sudah ditetapkan dengan nilai ketuntasan yang diperoleh berturut-turut sebesar 66,67% dan 89,47%. Pengujian hipotesis untuk hasil belajar menggunakan uji t pihak kiri diperoleh nilai thitung(8,517) > ttabel(1,734) yang berarti terima H0 atau tolak H1. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa LKS praktikum berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
DEMO, Deysi Natalia; WAWORUNTU, Freetje; SAIYA, Abdon. Studi kelayakan LKS praktikum berbasis pendekatan saintifik serta dampaknya pada hasil belajar materi sifat larutan penyangga. Oxygenius: Journal Of Chemistry Education, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 77-84, dec. 2019. ISSN 2686-4649. Available at: <http://indochembull.com/index.php/oxygenius/article/view/113>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.37033/ojce.v1i2.113.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>